Minggu, 27 November 2011

Pengantar Bisnis Softskill


NAMA KELOMPOK    :
1.Dennis Mahardika                ( 21211849)
2. Dwi Rasmiati                      (22211258)
3. Gomar Syarief                     (23211096)
4. Nessa Laynora Suci             (25211136)
5. Widiandini Adiena              (27211382)

Kelas : 1EB19


TUGAS  MINGGU  1 :

1.APA  MAKNA  BISNIS  DAN JELASKAN MAKSUDNYA  APA
Jawaban :
Makna bisnis adalah suatu usaha organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya guna memenuhi kebutuhan dengan menggunakan alat pembayaran,dan  bertujuan untuk mendapatkan laba.

2.TERANGKAN  BAGAIMANA  MUNCULNYA  BISNIS
Jawaban :
Bisnis muncul dan berkembang melalui beberapa tahap, yaitu :
  1. Masyarakat primitif
Pada saat masy masih primitif, kegiata ekonomi sudah berlangsung. Tetap kebutuhannya masih bersifat sederhana dan tertutup dimana utuk memenuhinya alam sudah menyediakan bagi mereka dan tidak mengenal adanya uang dan berpindah – pindah  Contohnya adalah : berburu dan bercocok tanam.
  1. Masyarakat barter
Saling meukar barang yang berlebih kepada keluarga yang mengalami kekurangan atau ditukarkan dengan jasa lain.
  1. Spesialisasi
Kegiatan uatu keluarga untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan satu macam barang atau beberapa barang saja. Yang dapat mengkhususkan diri dalam berproduksi.
4.      Diferensiasi adalah penyebaran atau degan bahan dasar yang sama bisa dibuat beberapa macam produk, dengan cara menyerahkan ke bagian- bagian yang sudah melakukan spesialisasi.
5.      Alat pembayaran menggunakan uang
Ketika barang yang dibutuhkan semakin banyak dan beraneka macam, maka masyarakat mulai menggunakan uang .

3.SEBUTKAN & BERIKAN CONTOH JENIS  DARI PADA  BISNIS
Jawaban :
v  Jenis Bisnis berdasarkan kegiatan
a.       Bisnis Ekstraktif, contoh    : Pengelolaan pasir granit dan batu kapur di arae                                                     tambang yang diubah menjadi semen.
b.      Bisnis Agraris, contoh        : Pengelolaan tanah untuk dijadikan lahan pertanian,                                              perkebunan, kehutanan, perikanan darat, dan                                                             peternakan.
c.       Bisnis Industri, contoh       : Pengrajin sepatu, mebel, alat-alat rumah tangga,                                                    perusaaan tekstil, mobil, semen dan elektronik.
d.      Bisnis jasa, contoh : guru, dokter, paramedis.

v  Jenis Binis berdasarkan kegunan / manfaat
a.       Kegunaan bentuk (from utility)
b.      Kegunaan tempat (place utility)
c.       Kegunaan waktu ( time utility)
d.      Kegunaan pemilikan (possecion utility)


4.SEBUT  & JELASKAN YG DIMAKSUD  SISTEM  EKONOMI
Jawaban :
Sistem ekonomi adalah suatu proses yang menyebabkan pendapatan yang berdampak pada kehidupan masyarakat baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.
Dari definisi diatas memiliki beberapa sifat penting yaitu; i) suatu proses, yang merupakan perubahan yang terjadi secara terus menerus, ii) sesuatu yang dapat merubah tingkat penghidupan masyarakat.
Beberapa yang mencangkup Sistem Ekonomi adalah:
a.       Kapitalisme
b.      sosialisasi
c.       fasisme
d.       komunisme
e.       Demokrasi Ekonomi

5.SEBUTKAN  TUJUAN  KEBIJAKAN  BISNIS
Jawab :
a.       Melindungi usaha kecil dan menengah.
b.      Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.
c.       Melindungi konsumen.
d.      Pendapatan pemerintah.
TUGAS  MINGGU 2 :

1. SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN  INTERNAL DAN  BERIKAN
   ALASAN  BAIK  FAKTOR INTERNAL  MAUPUN EKSTERNAL  DAPAT 
   MEMPENGARUHI KEGIATAN SUATU PERUSAHAAN  (BUATLAH DENGAN 1
   CONTOH KASUS YG ADA / NYATA )
Jawab :
Faktor – faktor yang mempengaruhi lingkungan internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi suatu kegiatan perusahaaan dan Contoh kasus yang mempengaruhi suatu kegiatan perusahaan
a. Lingkungan Internal
1.      Penyedia
2.      Pelanggan
3.      Pesaing
4.      Tenaga kerja
5.      Modal
6.      Alat dan mesin
7.      Bahan baku
8.      Sistem Informasi
b.  lingkungan Eksternal
a.       Alam dan Ekologi
b.      Politik
c.       Hukum
d.      Perekonomian
e.      Pendidikan dan teknologi
f.        Sosial budaya
g.       Demografi
h.      Hubungan Internasional

2.SEBUTKAN APA  YG DIMAKSUD  DENGAN  PERUSAHAAN & BERILAH 
   CONTOHNYA
Jawab :
Pengertian atau definisi Perusahaan adalah suatu unit kegiatan prodiksi yang menggunakan dan mengkordinir sumber – sumber ekonomi dan faktor – faktor produksi untuk menyediakan barang atau jasa agar memuaskan kebutuhan masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan.  
Contohnya :
Menurut jenis kegiatannya, perusahan di bagi menjadi tiga yaitu
a.       Perusahan dagang  : Perusahan yang kegiatannya melakukan pembelian barang dagang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuknya. Contohnya distributor, agen tunggal, pengecer, toko swalayan, toko serba ada, plaza dan lain-lain.
b.      Perusahan Jasa       : Perusahan yang kegiatannya menyediakan berbagai  pelayanan kemudahan, keamanan, atau kenikmatan kepada anggota masyarakat yang memerlukannya. contohnya salon, bengkel, dan travel
c.       Perusahan manufaktur: Perusahan yang mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi. Contohnya  kain
3. SEBUTKAN  APA  SAJA  YG  TERMASUK  FAKTOR  PRODUKSI DAN
   JELASKAN MASING2  PERUNTUKANNYA

Jawab :
 Sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. faktor produksi dibagi menjadi empat kelompok, yaitu manusia , uang , material ,dan metode
a.       Manusia           :  tenaga kerja atau keahlian sesorang di bidang tersendiri dan konsumen
b.      Uang                : modal usaha untuk melakukan proses produksi
c.       Material           : tanah dan sumber alam
d.      Metode            : ide , inisiatif proaduktif , pengambilan keputusan dan menanggung resiko
4.APA PERBEDAAN  & BERI CONTOHNYA  PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED  APPROACH
Jawab :
1.      Producer oriented approach: Produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya barang dan  jasa ke pasar. 
Contoh : Seorang Pedagang sayur, daging , beras atau kebutuhan sehari- hari yang menjual barang dagangannya di pasar kepada konsumen.
2.      Consumer oriented approach: Konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar
Contoh : Seorang pembeli yang membeli dagangan produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan Membeli beras atau kebutuhan lainnya.


TUGAS  MINGGU 3 :


1.APA YG DIMAKSUD DENGAN :  - BENTUK YURIDIS 
   - LEMBAGA KEUANGAN BANK & NON --   
      BANK  SERTA BERI  CONTOHNYA
Jawab
a. Bentuk Perusahaan secara yuridis merupakan badan usaha yang didasarkan atas dasar segi hukum yang bertujuan mencari laba sebesar - besarnya.
b.  lembaga keuangan Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan  dan menyalurkannya ke masyarakat dalam bentuk kredit,atau bentuk – bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Contohnya : Bank Indonesia, Bank BRI, Bank BTN, Bank BCA.
c. Lembaga keuangan non bank adalah lembaga keuangan yang bertujuan membantu permodalan perusahaan dalam meningkatkan peranan nya gua mendrong perkembangan pasar uang dan pasar modal.

CONTOH :
  1. Pasar Modal merupakan pasar tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara pencari dana dengan para penanam modal, dengan instrumen utama saham dan obligasI.
  2. Pasar Uang yaitu pasar tempat memperoleh dana dan investasi dana.
  3.  Koperasi Simpan Pinjam
yaitu menghimpun dana dari anggotanya kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada para anggota koperasi dan masyarakat umum.
  1. Perusahaan Pengadaian merupakan lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu.
  2. Perusahaan Sewa guna usaha lebih di tekankan kepada pembiayaan barang barang modal yang di inginkan oleh nasabahnya.
  3. Perusahaan Asuransi merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha pertanggungan.
  4. Perusahaan Anjak Piutang, merupakan yang usahanya adalah mengambil alih pembayaran kredit suatu perusahaan dengan cara mengambil kredit bermasalah.
  5. Perusahaan Moal Ventura merupakan pembiayaan oleh perusahaan-perusahaan
yang usahanya mengandung resiko tinggi.
  1. Dana Pensiun, merupakan perusahaan yang kegiatannya mengelola dana pension suatu perusahaan pemberi kerja.

2. APA YG DI MAKSUD  MERGER BERI  2  CONTOHNYA   , KARTEL , JOINT VENTURA
Jawab :
a.       Merger adalah kerjasama yang menghasilkan / membentuk perusahaan baru.
b.      Kartel adalah kerjasama yang terjadidari beberapa perusahaan yg sejnis di bawah perjanjian tetapi masing – masing perusahaan masih berdiri sendiri dan masing- masing anggota kartel mempunyai kedudukan yg sama dan waktu perjanjian hanya bersifat terbatas.
  1. Join Venture adalah bentuk kerjasama yang semua anggota nya bertanggung jawab atas semua resiko yang terjadi dalam perusahaan ini namun tidak terikat pada barang modal perusahaan yang satu dengan yang lain.


3.JELASKAN PERBEDAAN : - FIRMA DAN CV
                                                    -PT DAN YAYASAN
Jawab :

-Firma (dari bahasa Belanda venootschap onder firma; secara harfiah: perserikatan dagang antara beberapa perusahaan) atau sering juga disebut Fa, adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama. Pemiliki firma terdiri dari beberapa orang yang bersekutu dan masing-masing anggota persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan erugian akan ditanggung bersama – sama , dan laba akan dibagi secara sama.. Sedangkan Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin, yang dibedakan menjadi sekutu aktif ( yang menjalankan usaha) dan sekutu pasif.
- Perseroan terbatas (PT) adalah badan usaha yang modalnya diperoleh dari hasil penjualan saham. Setiap pemengang surat saham mempunyai hak atas perusahaan dan setiap pemegang surat saham berhak atas keuntungan (dividen).SedangkanYayasan adalah suatu badan usaha, tetapi tidak merupakan perusahaan karena tidak mencari keuntungan. Badan usaha ini didirikan untuk sosial dan berbadan hukum.

4.SEBUTKAN CARA KERJA LEASING , MISALNYA : LEASING MOTOR
Jawab :
Contohnya leasing mobil
Untuk membeli sebuah mobil baru sangatlah di permudah syarat-syaratnya. Salah satunya adalah DP yang ringan antara 10-20 persen dari harga mobil sudah berpeluang untuk memiliki sebuah mobil baru. Cara kerja atau transaksi awal hingga akhir membeli mobil baru yaitu.
a.       Sebuah mobil baru yang di beli dari pihak showroom mobil baik itu secara cash maupun kredit maka sama saja bagi pihak showroom. Walaupun dibeli secara kredit mereka selalu dan tetap menerima secara tunai dari pihak Finance dan lembaga pembiayaan.
b.      Tahap selanjutnya, urusan transaksi antar konsumen dengan pihak Finance. Pihak Finance tidak membenarkan atau memberikan konsumen keleluasaan untuk memilih pihak asuransi yang konsumen kehendaki. Karena mungkin bunga dan preminya dapat lebih rendah dari pihak asuransi lain. Pihak showroom mobil baru, umumnya hanya memberiklan pilihan kepada konsumen untuk memilih pihak asuransi yang ada kerjasamanya dengan pihak Finance.


TUGAS MINGGU 4 :

1.APA PERBEDAAN KEWIRASWASTAWAN  -  WIRASWASTA -  
   WIRASWASTAWAN
Jawab :
a.  KEWIRASWASTAAN adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk menanggung resiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan uang , waktu, usaha, untuk memulai suatu usaha untuk mencapai keberhasilan.
b. WIRASWASTA adalah bidang usaha yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu hingga menjadi seorang wiraswastan atau entrepreneur.
c. WIRASWASTAWAN  adalah seseorang yang memiliki kepribadian tertentu secara kualitatif lebih dari manusia umumnya yakni memiliki kemampuan berdiri diatas kekuatan sendiri, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, berorientasi kerja keras, kreatif, inovatif, dan motivasi berprestasi.

2.APA YG DIMAKSUD FRANCHISING , FRANCHISOR & FRANCHISEE
Jawab :
a. FRANCHISING ( artinya warabala) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan, sedangkan menurut pemerintah waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
b. FRANCHISOR atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya, atau bisa disebut pemilik merek.
c. FRANCHISEE atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

3.SEBUTKAN MASING2 5 CONTOH FRANCHISING  DALAM  NEGERI  UNTUK BIDANG : - MAKANAN , JASA KECANTIKAN , PENDIDIKAN
Jawab :

a.  MAKANAN : Wong Solo, Sapo Oriental, CFC, Hip Hop, Red Crispy, Papa Rons.
b.  JASA KECANTIKAN : Sariayu Martha Tilaar, Erha clinic, Mustika ratu, Jhony andrean,
c.  PENDIDIKAN : Science Buddies, ,Primagama, Sinotif, ILP, Direct English.

4.JELASKAN APA YG DIMAKSUD  PERUSAHAAN KECIL BERI 5 CONTOH YG ADA DISEKITAR  KAMPUS GUNADARMA KALIMALANG.
Jawab :
1.      Perusahaan kecil adalah perusahaan yang dimiliki oleh seseorang dan sekaligus bertindak sebagai pimpinan perusahaan. Yang memiliki ciri – ciri :
1.      Manajemen berdiri sendiri
2.      Modalnya terbatas atau sedikit
3.      Daerah operasi local
4.      Ukuran usaha relatif kecil.
Contoh perusahaan kecil yang ada di lingkungan Universitas Gunadarma Kalimalang adalah Foto Copyan,Kafe makanan, Kursus belajar, Rental komputer / warnet, usaha jual bunga – bunga, usaha counter pulsa.

TUGAS  MINGGU 5 :

1.SEBUTKAN APA  FUNGSI  MANAJEMEN  &  APLIKASIKAN  PADA DIRI
ANDA  SEBAGAI SEORANG MAHASISWA  SERTA  APA  MANFAATNYA
Jawab:
Fungsi manajemen adalah sebagai berikut:
a.       Planning
b.      Organizing
c.       Directing
d.      Coordinating
e.       Controlling
A.    Planning perencanaan
Adalah suatu fungsi pemilihan alternatif melalui proses rasional dengan tujuan untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan maupun prosedur untuk memperbaikinya.
Perencanaan diperlukan oleh suatu perusahaan untuk dijadikan sebagai penentu arah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dari suatu perusahaan sehingga perencanaan dapat juga dijadikan sebagai suatu sarana untuk mengontrol terhadap suatu penyimpangan pada perusahaan agar dapat berjalan lebih baik.
Pengambilan keputusan agar dikatakan rasional dapat dilakukan dengan memenuhi syarat-syarat berikut:
Ø  Mampu menganalisa ataupun menilai berbagai alternatif yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai suatu perusahaan.
Ø  Memiliki kemauan yang teguh serta optimis akan keberhasilan pelaksanaan perencanaan.
Ø  Dapat memperkirakan kekurangan atau kerugian yang terjadi dan cara mengatasinya.
B.     Organizing ( pengorganisasian )
Fungsi pengorganisasian adalah kegiatan untuk menentukan macam dan jumlah kegiatan yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan disertai dengan pendelegasian wewenang.
Ada 4 bagian penting dalam pengorganisasianyaitu:
§  Staffing
Adalah kegiatan pembagian kelompok yang berdasarkan jenis dan keahliannya.
§  Delegation of authority
Adalah pendelegasian dari atasan kepada bawahan berdasarkan kedudukan ataupun kemampuan bawahannya.
§  Departementasi
Yaitu pengelompokan kegiatan sejenis dengan kegiatan lainnya untuk dipisahkan namun masih terjalin suatu koordinasi dalam kerjasama.
§  Personalia
Yaitu bagian kepegawaian yang sangat penting kaitannya dengan bawahan baik dalam hubungan bersifat formal maupun yang bersifat informal.

C.     Directing
Adalah kegiatan khusus yang ditujukan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan agar pimpinan dapat mengikat bawahan secara manusiawi supaya bawahan secara sukarela mau bekerja seefektif dan seefisien mungkin untuk mencapai tujuan.
Beberapa cara yang dilakukan pemimpin dalam mengarahkan bawahannya:
a.       Pengarahan yang dilakukan dengan cara memberi informasi yang diperlukan oleh seorang karyawan tentang masalah yang dihadapi. Pengarahan ini dilakukan pada karyawan baru pada suatu perusahaan yang mencakup pada masalah tugas, hubungan antar karyawan dan lain-lain.
b.      Pengarahan dengan memberi perintah kepada bawahan. Hal ini dimaksudkan agar dapat pemimpin menyesuaikan waktu pemberian perintah baik secara formal maupun lisan kepada seluruh bawahan ataupun sebagian bawahan.
D.    Koordinasi
Adalah fungsi yang harus dilakukan seorang manajer agar terjalin komunikasi antar berbagai kepentingan sehingga tujuan dapat tercapai.
E.     Controlling (pengawasan)
Adalah fungsi terakhir yang harus dilakukan seorang manajer sebagai pelengkap dari fungsi-fungsi terdahulu.
           
Aplikasi pada seorang mahasiswa:
a.       Planning: Ingin lulus dalam waktu 4 tahun
b.      Organizing: menyusun tugas-tugas atau kegiatan yang mendukung dalam pencapaian tujuan seperti menyusun agenda kegiatan
c.       Directing: melukukan segala kegiatan dengan baik dan tepat waktu seperti belajar tepat waktu
d.      Koordinasi: melakukan koordinasi waktu belajar dengan kegiatan diluar kegiatan belajar seperti ekstrakurikuler
e.       Controlling: melukukan pengawasan atau peninjauan terhadap kegiatan yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan terhadap hal tersebut.
Manfaat dari  adanya penyusunan fungsi manajemen seperti itu, maka seorang mahasiswa akan lebih menghargai waktu dan kerja keras dalam mencapai suatu hal yang di inginkan dan perencanaan yang dibuat juga menjadi lebih terarah.

2.BAGAIMANA  LATAR  BELAKANG SEJARAH  MANAJEMEN
Jawab :

Frederick W. Taylor adalah seorang Bapak Manajemen Ilmiah. Ia dinobatkan sebagai Bapak Manajemen Ilmiah berkat bukunya yang berjudul The Pinciples of Scientific Management pada tahun 1911.
Dalam bukunya, Ia mengemukakan prinsip dalam melakukan pekerjaan diantaranya:
a.       Semua pekerjaan dapat dianalisis agar dapat diketahui cara untuk menyelesaikannya.
b.      Orang yang berhak menerima jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah.
c.       Cara terbaik harus diikuti dengan menggaji pemegang jabatan atas dasar insentif maksudnya menyamakan antara gaji dengan hasil kerja yang dilakukannya.
d.      Menempatkan Manajer dalam proses perencanaan, persiapan serta pemerikasaan pekerjaan sehingga hasil suatu pekerjaan menjadi baik.

3.SEBUT & JELASKAN CIRI2 KETRAMPILAN YG DIBUTUHKAN MANAJER PROFESIONAL
Jawab :

Ø  Ciri yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi adalah:
a.       Pemimpin Lambang (Figurehead)
Kepala simbolis; diperlukan dalam menjalankan kewajiban rutin baik yang bersifat legal maupun sosial.
b.      Pemimpin (Leader)
Bertanggung jawab dalam memotivasi serta mengaktifkan bawahan; bertanggung jawab dalam mengisi posisi yang kosong, melatih dan menjalankan tugas-tugas terkait.
c.       Penghubung (Liaison)
Memelihara jaringan kontak luar yang berkembang sendiri dalam memberikan dukungan dan informasi.
Ø  Ciri yang berkaitan dengan informasi adalah:
a.       Pemantau (Monitor)
Sebagai pusat saraf informasi baik internal maupun eksternal  tentang organisasi.
b.      Penyebar (Dissiminator)
Meneruskan informasi yang diterima baik dari bawahan ataupun orang luar kepada anggota organisasi.
c.       Jurubicara (Spokesperson)
Meneruskan informasi kepada orang luar baik mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.
Ø  Ciri yang berkaitan dengan pengambilan keputusan:
a.       Wirausaha (Entrepreneur)
Mencari kesempatan baik dalam organisasi maupun lingkungan serta ikut memprakarsai proyek perbaikan guna menimbulkan perubahan.
b.      Pengendali gangguan (Disturbance Handler)
Bertindak atas tindakan korektif dalam mengatasi gangguan mendadak dalam organisasi.
c.       Pengalokasi sumber daya (Resource Allocator)
Bertanggung jawab terhadap alokasi sumber daya organisasi.
d.      Perunding ( Negotiator)
Mewakili organisasi pada perundingan utama.

4.APA ITU ORGANISASI & SEBUTKAN ELEMEN2NYA
Jawab :
Organisasi adalah sarana dalam mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi manajemen yang biasa dilakukan oleh pemimpin terhadap organisasi yang ada di perusahaan tersebut.

Menurut Boone dan Katz organisasi di definisikan sebagai berikut:
Organisasi adalah proses dari orang-orang yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Ø  Berdasarkan pengertian ini diketahui bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok yaitu:
1.      Interaksi manusia
Dengan adanya interaksi antara anggota organisasi maka tujuan organisasi akan mudah tercipta karena dalam hal ini interaksi antar anggota secara tidak langsung dapat menyatukan berbagai macam pendapat menjadi sebuah alternatif bagi terlaksananya tujuan organisasi tersebut.
2.      Kegiatan yang mengarah pada tujuan
Kegiatan-kegiatan yang mengarah pada tujuan dapat dilakukan dengan melakukan alternatif-alternatif baru yang lebih dapat mempercepat terciptanya suatu tujuan.
3.      Struktur organisasi itu sendiri
Dengan adanya struktur organisasi yang baik kegiatan dalam mencapai tujuan akan terkoordinir dengan baik pula karena adanya kerjasama dengan karyawan berjalan dengan baik.

TUGAS  MINGGU 6. 

  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
Jawab:

a.       Pasar adalah kelompok individu yang memiliki permintaan terhadap suatu barang dengan daya beli dan minat untuk merealisasikan pembeliannya.
b.      Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis agar memenuhi kebutuhan pasar dengan barang ataupun pasar, menetapkan harga, mendistribusikan serta melakukan promosi melalui proses pertukaran sehingga konsumen dapat merasa puas  dan mencapai tujuan perusahaan.

Ø  Jadi perbedaan pasar dan pemasaran adalah bahwa pasar adalah tempat untuk melakukan jual beli atau pemasaran suatu barang oleh individu sedangkan pemasaran adalah kegiatan atau proses pemasaran terhadap suatu barang oleh pemasar atau distributor.

  1. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
         Jawab: 

a.       Jenis pasar industri
Pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu, lembaga ataupun organisasi yang membeli suatu barang untuk digunakan kembali baik secara langsung maupun tidak langsung untuk memproduksi barang baru dan menjualnya. Contoh jenis pasar industri adalah industri mobil bekas.

b.      Pasar penjual
Pasar penjual adalah individu atau organisasi membeli suatu barang untuk dijual kembali ataupun disewakan kepada orang lain untuk memperoleh laba. Contoh pasar penjual adalah supermarket, warung, warnet.

3.      APA  YG DIMAKSUD KONSEP  INTI  PEMASARAN
Jawab:

Konsep inti pemasaran terdiri atas:
a.       Konsep produksi
Konsumen menyukai barang yang tersedia namun juga selaras dengan kemampuan konsumen dan manajemen berkonsentrasi terhadap efisiensi produksi dan distribusi.
b.      Konsep produk
Konsumen menyukai produk yang bermutu tinggi, serta berkinerja baik juga memiliki keistimewaan yang mencolok, dalam hal ini manajemen harus memperbaiki secara terus menerus produksinya.
c.       Konsep penjualan
Konsumen tidak akan membeli banyak produk, dalam hal ini manajemen harus melakukan proses promosi dan penjualan sebaik-baiknya.
d.      Konsep pemasaran
Penentuan terhadap suatu kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan harus dilakukan secara efektif dan efisien melampaui yang dilakukan pesaing.

4.      SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
Jawab :

4 variabel bauran promosi adalah
1.      Pengiklanan (advertising)
Upaya pengiklanan dimaksudkan untuk mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu produk tertentu. Namun bentuk dari pengiklanan itu sendiri tergantung pada keinginan produsen dalam menonjolkan sutu produk yang dihasilkan.
·         Brand advertising bertujuan untuk meningkatkan permintaan selektif suatu produk dengan cara menjaga keterikatan dengan konsumen tetap dan berusaha untuk menarik minat dari konsumen pesaing.
·         Product advertising bertujuan untuk meningkatkan primary demand produk tertentu. Tipe dari product advertising dibagi 2 yaitu kampanye mendidik konsumen tentang product dan kampanye bersama yang disponsori oleh asosiasi dagang tertentu dengan tujuan menaikkan permintaan industri.
·         Cooperative advertising bertujuan untuk meningkatkan kesediaan penyalur dalam upaya membantu memasarkan produk perusahaan.
·         Corporate advertising bertujuan untuk mempublikasikan nama perusahaan, ataupun image seseorang untuk menarik minat konsumen dan terjadi ikatan antara pelanggan dan perusahaan.
2.      Personal selling
Merupakan pelengkap dalam proses pengiklanan secara individual yang dilakukan oleh staf pemasaran secara langsung sehingga terjadi kontak langsung dengan konsumen yang berpengaruh pada kepentingan perusahaan.
3.      Promosi penjualan
Merupakan elemen yang menyedot banyak sekali dana. Promosi penjualan ini bertujuan untuk mencari pelanggan sebanyak mungkin dalam waktu singkat dengan memberikan promosi-promosi seperti potongan harga, undian dan lainnya.
Bentuk aktivitas promosi penjualan yang umum terjadi adalah promosi yang diarahkan pada tenaga penjual dengan memberikan bonus apabila tenaga pekerja berhasil mencapai terget penjualan ataupun melebihi target dan promosi yang diarahkan pada penyalur dengan cara mempromosikan produk si penyalur.
4.      Publisitas
Publisitas merupakan cara paling efektif dalam mempromosikan suatu produk. Salah satu cara publisitas adalah dengan mempromosikan suatu produk melalui siaran televisi tertentu. Hal ini bertujuan untuk membangun image terhadap suatu produk maupun suatu perusahaan di benak masyarakat.

5.      SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
Jawab:
·         Melalui agen atau distributor
Dengan menginvestasi sedikit modal pada distributor maka terjadi peningkatan usaha-usaha pemasaran.
·         Membuka cabang pemasaran
Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuka perusahaan di pasar lokal. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi yang baik kepada konsumen.
·         Melakukan pengefektifan biaya pemasaran.
TUGAS  MINGGU 7.

1.SEBUTKAN FAKTOR – FAKTOR PENUNJANG PERKEMBANGAN 
   MANAJEMEN  PRODUKSI
Jawab :

Ø  Adanya  pembagian kerja dan spesialisasinya
Ø  Revolusi industri
Ø  Perkembangan alat dan teknologi (termasuk computer)
Ø  Perkembengan ilmu dan metode kerja

2.SEBUTKAN ARTI  PRODUKSI DAN BERI  5 CONTOHNYA
Jawab :
Produksi adalah suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi keluaran atau output. Dalam arti sempit produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang, baik barang setengah jadi, barang jadi, barang industry, suku cadang, komponen penunjang.
contoh :
Ø  produksi meja makan kayu merupakan sebuah kegiatan menghasilkan sebuah barang dari material kayu menjadi sebuah meja makan kayu
Ø  membuat makanan seperti nasi goreng, bakmi goreng dan lain-lain tentunya juga melalui sebuah produksi. Dari asalnya hanya berbentuk beras kemudian menjadi nasi putih, diolah dan diproses menjadi nasi goreng.
Ø  pabrik batre yang memproduksi batu baterai
Ø  pengangkutan pasir dari tempat yang pasirnya melimpah ketempat dimana orang membutuhkan pasir tersebut.
tukang pijat yang memberikan pelayanan jasa pijat dan urut kepada para pelanggannya

3.APA YG DIMAKSUD DENGAN PROSES PRODUKSI TERUS MENERUS DAN
   BERI 5 CONTOHNYA 
Jawab :
Proses produksi terus-menerus adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses. Pada umumnya industri yang cocok dengan tipe ini adalah yang memiliki karakteristik yaitu output direncanakan dalam jumlah besar, variasi atau jenis produk yang dihasilkan rendah dan produk bersifat standar.
Contoh :
Ø  Gas
Ø  Bensin
Ø  Teknologi  (seperti hp, computer,dll)
Ø  Batu bara

4.SEBUT DAN JELASKAN 4 MACAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Jawab :
Ø  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti.
Ø  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti.
Ø  Pengambilan keputusan atas peristiwa  yang mengandung resiko.
Ø  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pententangan dengan keadaan yang lain.

5.SEBUTKAN RUANG  LINGKUP MANAJEMEN PRODUKSI
Jawab :
Ø  Seleksi dan design hasil produksi (produk)
Ø  Seleksi dan perancangan proses serta peralatan
Ø  Pemilihan lokasi perusahan serta unit produksi
Ø  Perancangan tata letak (lay out) dan arus kerja atau proses
Ø  Perancangan tugas
Ø  Strategi produksi dan operasi serta pemilihan kapasitas


TUGAS  MINGGU 8.

  1. APA YG DIMAKSUD NILAI WAKTU UANG
Jawab :
Nilai waktu dari uang berkaitan dengan nilai saat ini dan nilai yang akan datang.

  1. APA ARTI BUNGA JIKA SESEORANG MENABUNG SEJUMLAH DANA DI BANK
Jawab :
Bunga tabungan diberikan bank agar dana yang tersimpan di tabungan dapat berkembang, sehingga nasabah semakin rajin menabung. Bunga tabungan biasanya dihitung tiap akhir bulan dari saldo rata-­rata harian pada bulan tersebut. Dan Biasanya, semakin banyak saldo yang mengendap bunga yang diberikan semakin tinggi.

  1. APA YG DIMAKSUD NILAI WAKTU UANG YANG AKAN DATANG /FUTURE  VALUE
Jawab :
Perbedaan nilai uang sekarang dengan nilai uang yang akan datang, belum tentu memiliki nilai yang sama.

  1. BUATLAH SOAL UNTUK MENGAPLIKASI KAN SOAL NO.3 DENGAN SUATU KASUS
Jawab :
Aplikasi soal untuk kasus no 3 mengenai nilai waktu uang yang akan datang/future value

Contoh 1 :
Uang sekarang Rp 30.000,- nilainya akan sama dengan Rp 30.000 pada akhir tahun à kalau kita tidak memperhatikan nilai waktu uang, maka nilai uang sekarang adalah lebih tingi dari pada uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan.

Contoh 2 :
Uang sekarang Rp 30.000,- nilainya lebih tinggi daripada   Rp 30.000 pada akhir tahun depan, kenapa :
  1. Karena kalau kita memiliki uang Rp 30.000 sekarang dapat disimpan di Bank dengan mendapatkan bunga misal 10 % / tahun, sehingga uang tersebut akan menjadi Rp 33.000
  2. Jadi uang sekarang Rp 30.000 nilainya sama dengan Rp 33.000 pada akhir tahun.

ISTILAH YANG DIGUNAKAN :
Pv        = Present Value (Nilai Sekarang)
Fv        = Future Value (Nilai yang akan datang)
I           = Bunga (i = interest / suku bunga)
n          = tahun ke-
An       = Anuity
SI        = Simple interest dalam rupiah
P0         = pokok/jumlah uang yg dipinjam/dipinjamkan pada periode waktu




  1. APA  ARTI NILAI  TUNAI  ANUITAS & BIASA DIGUNAKAN  UNTUK USAHA DI  BIDANG  APA 
Jawab :
 
NILAI TUNAI ANUITAS yaitu nilai saat ini dari anuinitas yang akan diterima diwaktu yang akan datang selama periode tertentu. Biasanya digunakan pada usaha Pegadaian, Bursa efek (command stock), Bank.


TUGAS MINGGU 9

1.MANAJEMEN KEUANGAN ADALAH : …………………
   SEBUTKAN KEPUTUSAN MANAJER KEUANGAN ITU  APA SAJA
   SERTA KEGIATAN SEORANG MANAJER KEUANGAN BERKAITAN DENGAN 
   ERAT DENGAN …………..
Jawab :
Manajemen keuangan adalah segala kegiatan manajemen yang berkaitan dengan                                                                                                                       aktifitas mencari dana dengan biaya seefisien mungkin dan aktifitas menggunakan dana seefektif mungkin.

Keputusan manajer keuangan ada 3, yaitu :
·         Keputusan pembelanjaan (Financing)
·         Keputusan pembiayaan (Investasi)
·         Kebijakan deviden (Deviden Policy)

Kegiatan seorang manajer keuangan berkaitan erat dengan perencanaan, pengorganisasian, penkoordinasian, pengendalian keuangan.

2.APA YG DIMAKSUD  DENGAN  KAPITAL BUDGETING DAN SEBUTKAN  
   METODE  PERHITUNGANNYA
Jawab :
Capital Budgeting adalah penggunana dana atau modal yang waktu kembalinya lebih dari satu tahun (jangka panjang).

Metode perhitungannya dengan menggunakan metode penilaian investasi, yaitu :
Ø  Metode average rate of return.
Ø  Metode waktu pengambilaan investasi.
Ø  Metode net present value.
Ø  Metode profitability index.
Metode internal rate of retrun

3.BERIKAN ALASAN MENGAPA MANAJER  KEUANGAN MENCARI  DANA
Jawab :
Manajer keuangan mencari dana karena :
·         Untuk membiayai kegiatan perusahaan yaitu investasi.
·         Membayar deviden kepada pemegang saham.

TUGAS MINGGU 10


1.SEBUT & JELASKAN METODE PENDEKATAN SUMBER DAYA MANUSIA
Jawab :
Metode pendekatan sumber daya manusia :
Ø  Pendekatan sumber daya manusia pengelolaan dan pendaya gunaan sumber daya manusia. Martabat dan kepentingan manusi tidak di abaikan.
Ø  Pendekatan manejerial            : maksudnya adalah kehidupan kerja karyawan tergantung pada atasan.
Ø  Pendekatan sistem                  : personalia merupakan subsistem dari sistem organisai atau perusahaan, perllu dievaluasi dengan kriteria besarnya kontribusi yang dibuat.
Ø  Pendekatan proaktif                : dapat meningkatkan kontribusi kepada karyawan,  dan organisai melalui antisipasi pada masalah yang timbul.

2.UNTUK APA  ORGANISASI  MEMBUAT  RANCANGAN KOMPENSASI  BAGI   
   KARYAWANNYA
Jawab :
Program kompensasi bagi karyawan dirancang untuk :
·         Menarik karyawan yang cakap dalam organisasi.
·         Memotivasi karyawan mencapai prestasi unggul.
·         Mencapai masa dinas yang panjang sesuai fungsinya.

3.APA  PERBEDAAN ANALISIS  BEBAN KERJA  & ANALISIS  TENAGA  KERJA
Jawab :
a.       Analisi beban kerja, meliputi : Peramalan penjualan (sales forecast), penyusunan jadwal waktu kerja dan penentuan jumlah tenaga kerja untuk  membuat suatu unit barang.

b.      Analisis tenaga kerja        : Menghitung jumlah tenaga kerja yang sesungguhnya dapat tersedia pada suatu periode.

4.APA YG  AKAN DILAKUKAN  KARYAWAN  JIKA  TERJADI KETIDAK 
   SEPAKATAN DENGAN  PERUSAHAAN TEMPAT MEREKA BEKERJA
Jawab :
Jika terjadi ketidak sepakatan karyawan mempunyai senjata yang dapat di gunakan, yaitu:
Ø  Baikot
Ø  Pemogokkan
Ø  Penghasutan
Ø  Mempelambat kerja

5.SEBUTKAN  HUBUNGAN YG MENGATUR  ANTARA  TENAGA KERJA    
   DENGAN MANAJER  SUATU PERUSAHAAN
Jawab :   
Hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer ada 3, yaitu :
·         Closed shop agreement
·         Union shop agreement
·         Open shop agreement





1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarma. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya.
    di cek ya studentsitenya ada pengumumannya lho... :)
    www.studentsite.gunadarma.ac.id

    BalasHapus