Senin, 27 April 2015

perusahaan MNC PT. LG Electronic Indonesia

Nama : Nessa Laynora Suci
Kelas : 4EB21
NPM  : 25211136

MNC (MULTI NATIONAL CORPORATE )

MNC (MultinaTional Corporation) adalah Merupakan perusahaan dengan pendekatan etnosentris karena menjalankan operasional di banyak negara tetapi pembuatan keputusan utama dilakukan di perusahaan di negara asal. Contoh Perusahaan MNC (Multinational Corporation) adalah PT LG Electronics Indonesia

Sejarah PT LG Electronic Indonesia

LG Electronics, Inc. didirikan pada tahun 1985 sebagai pelopor di pasar elektronik di Korea. Perusahaan ini menghasilkan produk-produk elektronik serta produk informasi dan komunikasi dengan penjualan konsolidasi tahunan untuk tahun 2004 sebesar 38 milliar dollar. Dengan lebih dari 66,000 karyawan (31,614 di Korea / 35,000 diluar Korea) yang ada di 76 cabang di 39 negara di dunia, LG Electronics terdiri dari 4 bisnis utama perusahaan termasuk Mobile Communications, Digital Appliance, Digital Display, dan Digital Media. LG Electronics memiliki 46 institusi teknologi dan pusat penelitian di seluruh dunia.
PT LG Electronics Indonesia berdiri di Indonesia pada tahun 1990. PT. LG Electronics Indonesia merupakan salah satu bagian dari LG Group yang didirikan di Korea pada tahun 1985. Perusahaan yang bergerak di bidang elektronik ini pada awalnya merupakan kesepakatan antara Goldstar Korea dengan Astra Indonesia untuk membentuk perusahaan elektronik di Indonesia, yang bernama PT. Goldstar Astra Indonesia.
Pada awalnya PT LG Electronics Indonesia menggunakan merek Goldstar untuk pasar domestik di Indonesia. Merek Goldstar ini kemudian dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi pada tahun 1996, PT. Goldstar Astra mengalami perubahan nama menjadi PT LG Astra Electronics, dan merek yang digunakan berubah menjadi LG, yang merupakan singkatan dari Lucky Goldstar.
Setelah berjalan selama 2 tahun, tepatnya pada tahun 1998 kepemilikan saham PT LG Astra Electronics mengalami perubahan dengan dimilikinya seluruh saham Astra Indonesia oleh pihak LG Korea dan menyebabkan perubahan nama menjadi PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) yang merupakan 100% perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). LG Group tidak hanya memiliki PT LG Electronics Indonesia saja di Indonesia. LG Group sebagai perusahaan PMA juga memiliki beberapa perusahaan yang masing – masing berdiri sendiri, yaitu :
1.  PT. LG Innotek
2.  PT. LG Philips

Selain mengembangkan usaha di bidang home appliance, LG Group di Indonesia juga mengembangkan usaha di bidang lain dan memiliki beberapa perusahaan sebagai berikut :
• LG Insurance Indonesia
• Sinar LG
• LG E&C
• LG International Corp.
Berikut adalah sejarah perkembangan PT LG Electronics Indonesia sejak tahun 1990 hingga saat ini :
1.      Tahun 1990an : Didirikannya PT. Goldstar Astr
2.      Tahun 1991 : Didirikannya pabrik konstruksi, Mulai berjalan kegiatan penjualan barang hasil produksi, Dimulainya produksi Conventional TV (C-TV)
3.      Tahun 1992 : Dimulainya produksi Refrigerator jenis SKD ( Produksi jenis CKD pada Desember 1992)
4.      Tahun 1995 : Didirikannya pabrik konstuksi kedua.
5.      Tahun 1996 : Nama perusahaan mengalami perubahan dari PT. Goldstar Astramenjadi PT.LG Astra Electronics, Memperkenalkan “LG” sebagai merek dagang perusahaan.
6.      Tahun 1998 : Saham perusahaan, sepenuhnya telah dimiliki oleh LG 100%, Perusahaan meraih sertifikasi ISO 9002 dari TUV Rheinland Germany.
7.      Tahun 1999 : Nama perusahaan mengalami perubahan dari PT.LG Astra Electronics menjadi PT.LG Electronics Indonesia,  Dimulainya produksi TV jenis CR.
8.       Tahun 2000 :  Meraih sertifikasi ISO 14001 dari TUV Rheinland Germany,  Perusahaan memperkenalkan MOBISS (Mobile Speed Service), Perusahaan memperkenalkan e-commerce site melalui www.tokolg.com
9.      Tahun 2001 : Perusahaan memperkenalkan MOSS (Motorbike Speed Service), Diperluasnya Refrigerator jenis CAPA, Perusahaan memperkenalkan produk Mobile Phone GSM LG yang pertama di negara Indonesia.
10.  Tahun 2002 : Didirikannya visi baru, yaitu Menjadi Perusahaan Elektronik No.1 di Indonesia,  Dimulainya produksi Recidential Air Conditioner (RAC)
11.  Tahun 2003 : Perusahaan memperkenalkan konsep LG HomNet di Indonesia, Diperluasnya Refrigerator jenis CAPA (dari 400 K Unit menjadi 750 K Unit), Meraih sertifitasi ISO 9001 Ver 2000, Pembukaan cabang LG di Yogjakarta
12.  Tahun 2004 : Perusahaan memperkenalkan Mobile Phone CDMA LG di Indonesia, Pembukaan LG Customer Service di Malang, Jayapura, dan Batam, Pembukaan cabang di beberapa daerah di Indonesia.
LG Corp adalah perusahaan konglomerat terbesar kedua Korea yang memproduksi elektronik, kimia, dan produk telekomunikasi. Markas pusatLGterletak di LG Twin Towers di Seoul, Korea Selatan. Organisasi ini memiliki sekitar 149 anak di seluruh dunia yang memproduksi berbagai jenis peralatan gadget elektronik dari rumah ke perangkat telekomunikasi. Electronics adalah Top 100 merek di seluruh dunia yang merupakan kekuatan yang dominan yang harus diperhitungkan dalam industri perangkat elektronik.
LG  (LG) adalah pemimpin global dan inovator dalam teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile dan home appliances, mempekerjakan lebih dari 84.000 orang yang bekerja di 112 operasi termasuk 81 anak perusahaan di seluruh dunia. Pada tahun 2008, penjualan secara global mencapai $ 44.7 milyar, LG Electronics didirikan pada tahun 1958 dan sejak itu memimpin jalan ke era digital yang maju berkat keahlian teknologi manufaktur yang diperoleh oleh banyak home appliances seperti radio dan TV. LG Electronics telah meluncurkan banyak produk baru, diterapkan teknologi baru dalam bentuk perangkat mobile dan TV digital di abad 21 dan terus memperkuat statusnya sebagai perusahaan global.
Produk LG
LG terdiri dari lima unit bisnis – Home Entertainment, Mobile Communications, Home Appliance, penyejuk udara dan Business Solutions. LG adalah salah satu Perusahaan terkemuka di dunia produsen panel datar TV, produk audio dan video, mobile handset, AC dan mesin cuci.
Kebijakan Distribusi
PT. LG Electronics Indonesia mempunyai saluran distribusi yang dapat dikelompokkan menjadi Master Dealer, dan Dealer sehingga dapat digolongkan ke dalam saluran distribusi dua tingkat (two level channel). Master Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara lain :
a.       Sempurna Computer (Jakarta)
b.       Aldo Computer (Jakarta)
c.       Trisentosa (Jakarta)
d.      PT. Into Sanho Technology (Medan)
Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara lain :
a.       Asiatech
b.      Expert Computer
c.       Bintang Raya
d.      D Com
e.       HJ
Selain itu PT. LG Electronics Indonesia memiliki kantor cabang di beberapa daerah di Indonesia, antara lain :
a.       Bandung                     i. Pekanbaru
b.      Semarang                    j. Padang
c.       Surabaya                     k. Banjarmasin
d.      Denpasar                     l. Samarinda
e.       Ujung Pandang           g. Yogyakarta
f.       Manado
g.      Medan
h.      Palembang
VISI dan MISI LG
VISI LGLG Electronics sedang mengejar dengan visi abad 21 menjadi pemimpin digital global sejati yang dapat membuat pelanggan senang di seluruh dunia melalui produk digital yang inovatif dan layananLG Electronics telah menetapkan jangka menengah baru dan visi jangka panjang, yang bertujuan untuk mencapai posisi sebagai salah satu dari tiga perusahaan elektronik, informasi, dan perusahaan-perusahaan telekomunikasi terkemuka di dunia pada tahun 2010.Dengan demikian, LG merangkul filosofi "Perusahaan Yang Hebat dengan Sumber Daya Manusia Yang Hebat" dimana hanya orang-orang besar dapat membuat perusahaan besar, dan mengejar dua strategi pertumbuhan yang melibatkan "inovasi cepat" dan "pertumbuhan cepat." Demikian juga, kita berusaha untuk mengamankan tiga kemampuan inti : kepemimpinan produk, kepemimpinan pasar, dan orang-orang yang berpusat pada kepemimpinan.VISI:1. GLOBAL TOP 3 OLEH 2010 (Global Top 3 Pada Perusahaan Elektronika / Telekomunikasi)2. STRATEGI PERTUMBUHAN ( Inovasi Tercepat / Tingkat Pertumbuhan Tercepat)3. INTI KOMPETENSI ( Kepemimpinan Produk, Kepemimpinan Pasar, Sumber Daya Manusia Yang mempunyai kualitas kepemimpinan )4. BUDAYA KERJASAMA ( Tidak ada alasan, "kami" bukan "saya", Tempat Kerja yang menyenangkan)

MISI LGStrategi PertumbuhanPertumbuhan cepatPertumbuhan cepat adalah hasil dari strategi yang dirancang untuk memperluas dan penghasilan dengan cepat, sementara meningkatkan tingkat pertumbuhan dari segi nilai moneter, bukan kuantitasInovasi cepatKemajuan yang pesat melibatkan inovasi inovasi sangat tinggi tujuan dan mengamankan keunggulan kompetitif, membidik target 30% lebih dari apa yang dapat dicapai pesaing kita. Fast inovasi juga berarti 30% lebih banyak penjualan dan peningkatan pangsa pasar kami, pengembangan produk baru dan pembukaan produk tersebut 30% lebih cepat, mengembangkan teknologi dan membangun nilai perusahaan tiga tahun ke depan dari pesaing kita.

Laporan Keuangan




 
Referensi
  https://agidsleva.wordpress.com/2013/10/13/profil-perusahaan-yang-bergerak-di-bidang-it-lg/