Selasa, 02 Oktober 2012

Tulisan Ekonomi Koperasi


Nama        : Nessa Laynora Suci
Kelas           : 2EB21
NPM          : 25211136

1.       Mengapa koperasi di Indonesia maju tidak mundur tidak . dan masalahnya apa ?
Jawab :
Koperasi di indonesia mempunyai banyak faktor sehingga menghambat kemajuan koperasi di negara ini. maju mundurnya koperasi di tentukan pengurus anggotanya banyak pengurus yang tidak jujur , dari faktor sekecil ini bisa mengakibatkan tidak berkembangnya koperasi yang ada di indonesia ini. Faktor-faktor yang menghambat koperasi antara lain kurangnya sosialisasi koperasi kepada masyrakat, banyak kesalahan yang terjadi dalam koperasi, kurangnya bantuan dana dari pemerintah, koperasi hanya mensejahterhakan anggotanya saja, kurangnya fasilitas koperasi dari pemerintah, kurangnya tata hubungan usaha dengan instansi swasta, dan menurunnya rasa kepercayaan masyrakat terhadap koperasi. Seharusnya pemerintah bisa lebih melihat kondisi koperasi di indonesia ini, sehingga koperasi di indonesia bisa sangat berkembang. Padahal jika pemerintah bisa lebih memperhatikan keadaan koperasi ini indonesia akan maju terutama dalam bidang ekonomi ini. harusnya pemerintah membuat suatu penangan atau cara buat mengatasi ini semuanya.

2.       Apa perbedaan dan persamaan koperasi dengan union credit (koperasi kredit) ?
Jawab :
·         perbedaan
a.       koperasi
§  koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
§  Bidang usaha atau organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang untuk kepentingan bersama.
§  Tujuannya Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
§  Besarnya simpanan pokok dan simpanan wajib tidak memberatkan anggota.
b.      credit union
§  bukan institusi kerja sama yang berorientasi pada profit, namun pada praktiknya bisa dibilang bergantung kepada yuridiksi yang berlaku
§  tujuannya untuk mensejahterahkan anggotanya sendiri serta mempromosikan penghematan menyediakan kredit dengan harga yang wajar dan dikendalikan oleh anggotanya dan menyediakan jasa keuangan lainnya kepada para anggotanya.
§   credit union memanfaatkan seluruh akses untuk memberi pinjaman kepada para anggota, menabung dengan biaya rendah atau menikmati produk-produk dan layanan-layanan baru lainnya.
§  Menawarkankan tingkat rates yang menarik bagi para anggota peminjam dan penyimpan pinjaman
§  Tidak dikenakan pajak, Berperan sebagai organisasi yang tidak mengejar keuntungan semata namun juga memberikan pendidikan bagi anggotanya

·         persamaan
a.       koperasi
§  memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
§  Kejelasan Tujuan Koperasi, yaitu untuk memberdayakan koperasi, pengusaha kecil dan menengah menjadi pelaku ekonomi yang tangguh dan profesional, dengan mengembangkan system ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan berbasis pada SDA dan SDM yang produktif, mandiri, maju, berdaya saing, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dengan bermuara dalam koperasi, PKM serta masyarakat pada umumnya.
§  Bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan bukan sematamata mencari keuntungan
b.      Credit union
§  koperasi kredit di Indonesia berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945 sebagai landasan utamanya.
§  Kejelasan tujuan credit union yaitu untuk memakmurkan anggotanya dengan cara melakukan kegiatan memberikan pinjaman
§  Berperan sebagai organisasi yang tidak mengejar keuntungan semata namun juga memberikan pendidikan bagi anggotanya

Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar